Menurut pendapat ahli ekonomi terkemuka Philip Kotler brand
positioning adalah tindakan atau kegiatan merancang produk dan bauran pemasaran
untuk menciptakan kesan tersendiri dibenak pelanggan. Bauran pemasaran atau
marketing mix terdiri dari place, promotion, price, physical, people,
process, dan product. inti tujuan dari adanya brand positioning ini
adalah keberhasilan dari suatu produk untuk menciptakan fokus atau
sugesti dibenak pelanggannya serta alasan yang kuat mengapa pelanggan harus
membeli atau menggunakan produk tersebut.
Seperti yang kita tahu beberapa tahun terakhir sistem
transportasi di Indonesia memasuki era baru yaitu transportasi online yang mana
semuanya serba menggunakan teknologi atau aplikasi. Dimulai pada akhir tahun
2014 munculnya Uber sebagai pemula dalam transportasi online yang kemudian
diikuti Go-jek yang mulai booming setelah meluncurkan aplikasi berbasis
android, lalu datang Grab sebagai kompetitor yang kuat.
Gojek adalah start up buatan anak bangsa yang sudah hampir
satu dekade Go-jek bertahan di dunia transportasi, mulai dari hanya berbasis
call center sekarang sudah berbasis aplikasi android dengan dana yang
dikucurkan oleh berbagai investor guna menyokong perkembangannya, kini
Go-jek dinobatkan sebagai start up decacorn oleh lembaga riset internasional
CB Insights dalam riset terbarunya yang berjudul The Global Unicorn Club.
Status decacorn diberikan ini kepada startup yang memiliki valuasi US$ 10
milliar. Dalam laporan tersebut hanya 19 start up di dunia yang menyandang
status decacorn.
Go-jek dalam menempatkan brand positioning melakukan
diferensiasi produk dan jasanya sebagai dasar untuk penempatan positioning
tersendiri dari bidang yang serupa, antara lain:
- · Adanya diferensiasi terhadap produk
Go-jek memiliki diferensiasi produknya dan lebih lengkap
dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Bayakan layanan jasa yang dapat
dinikmati oleh penggunanya, mulai dari layanan pesan antar yaitu Go-Ride,
Go-Car, Go-food, Go-Bluebird, Go-Send, kemudian layanan spa dan massage yaitu
Go-Massage, dan layanan keuangan Go-Pay serta layanan kebersihan yaitu Go-Clean
dan Go-Life.
- · Adanya diferensiasi pada jasa
Pelanggan sangat mudah menggunakan aplikasi layanan Go-jek
dengan memberikan beberapa fitur yang disediakan oleh Go-jek ditambah dengan
adanya aplikasi berbasis android. Selain itu, Go-jek juga memberikan pelayanan
yang prima terhadap penggunanya seperti sediakannya penutup rambut, masker
sensi, helm, dan jas hujan.
Tingkat diferensiasi yang dilakukan Go-jek ini sudah cukup
tinggi, dibandingkan dengan kompetitor superiornya yang lebih mengunggulkan
layanan pesan antar dan layanan keuangan saja. Maka dari itu dengan banyaknya
fitur yang diberikan kepada masyarakat, dianggap mampu memenuhi segala
kebutuhan yang diperlukan dan dapat digunakan dengan mudah. Fitur -- fitur
inilah yang juga memberikan keunikan dan tingkat yang berbeda dengan
kompetitornya dimata pengguna.
Memang bagus gojek dalam pengantarannya
BalasHapusSangat bagus
BalasHapusSangat luar biasa
BalasHapus